diharap pngunjung ab$en di sini guna mempererat jaringan dunia internet, partisipasi dan kunjungannya kami ucapkan terima kasih.

Rabu, 01 April 2009

Jangan pernah nyuruh orang lain untuk klik adsense

Ada komen lucu barusan saya uprove (sori kalo linknya saya ilangin), bunyinya kek gini:

saya baru di terima oleh google adsense, blognya : ***.blogspot.com, cara masarinnya bagaimana yah, Mohon bantu klik iklannya , kita kan sama sama orang indo

Kenapa saya bilang lucu? karena yang seperti ini dilarang oleh google, jangan pernah nge-klik iklan kamu sendiri, atau nyuruh orang lain untuk ngeklik iklan di web kamu.

Kok gak boleh? lagian khan google gak tau kalo kita ngeklik sendiri atau kita nyuruh orang lain juga google gak tau! Kamu boleh bilang seperti itu, tapi teknologi google bisa ajah tau klik itu berasal darimana. Secara spesifik mungkin google gak akan tau siapa yang ngeklik, tapi secara umum mereka bisa ngambil kesimpulan itu dan akan mendepak Kamu apabila:

  • Berasal dari IP komputer yang sama dalam jumlah banyak
  • Berasal dari ISP yang sama dalam jumlah banyak
  • Berasal dari daerah yang sama dalam jumlah banyak

Jadi saran saya jangan pernah nyuruh orang lain untuk ngeklik iklan di web kamu, walaupun dari warnet yang berbeda, atau kota lain di Indonesia.
Kenapa? karena 3 orang teman saya, pernah di banned dari adsense, 2 orang temen kantor, yang satunya temen maen. Menurut google yang menyatakan mereka keluar dari adsense karena beberapa kemungkinan: karena ngeklik sendiri iklannya, nyuruh orang lain ngeklik iklan di web kamu, dan membuat semacam script atau program yang bisa menimbulkan klik pada iklan.

Salah seorang temen saya yang di banned itu kalo chating ma temen-temennya di kota lain pasti nyuruh orang untuk buka webnya dan klik iklannya, dia juga kalo mau online selalu ke warnet yang berbeda dan klik iklannya sendiri, akhirnya di tendang dari adsense. Sedangkan 2 temen kantor saya kemungkinan di tendang dari adsense karena, mereka ngeklik sendiri atau temen lain di kantor yang berbeda ngeklik iklan di webnya. Saya yakin google tau karena walaupun beda kantor, semua kantor online menggunakan ISP yang sama, jadi google menganggap apabila ada klik dari isp tersebut, maka akan di anggap nge klik sendiri. Akhirnya mereka di tendang walaupun mereka yakin nggak pernah nge-klik iklannya sendiri (kebanyakan yang ditendang google juga selalu bilang gitu !). Kita bisa ngasi ribuan alasan, kalo udah di banned ya udah, gak bakalan bisa protes dan minta ikut lagi, kecuali daftar lagi pake nama orang lain atau dengan alamat yang berbeda. Padahal kedua temen saya itu udah sampe $80 :(

Terlepas dari kamu ngeklik sendiri atau nyuruh orang lain untuk ngeklik iklan di web kamu, ataupun kamu nggak pernah melakukan keduanya, saran saya:

  • Jangan pernah ngeklik sendiri iklan di web kamu
  • Jangan pernah nyuruh orang lain untuk ngeklik iklan di web kamu
  • Buatlah web dengan target pengunjung dari luar negeri, bukan Indonesia, kenapa? karena kalo pengunjung web kamu masih lebih banyak yang dari Indonesia, kemungkinan Kamu akan di curigai sebagai “nyuruh orang lain/teman kamu untuk ngeklik iklan di web kamu”.
  • Fair ajah, kalo pengen banyak yang klik ya isi konten web/blog kamu dengan hal-hal menarik supaya orang sering dan banyak yang datang ke web kamu
  • Di sebuah forum ada yang bilang, “kalo pengen kaya jangan ikut google Adsense, cari kerjaan lain ajah!“. Menurut saya bisa ajah kaya kalo udah bisa dapet ribuan dolar sebulan, itupun kalo kamu maen fair dan nggak di banned dari Adsense :)

1 komentar:

  1. wah, terlepas dari maksud lain apapun tentang tulisan ini, saya sangat setuju sekali.

    BalasHapus